Jumat, 24 Mei 2013

Mengenal Apa Itu Kanker


Fungsi payudara adalah memproduksi ASI untuk bayi yang baru lahir . Pada umumnya, ukuran payudara kiri sedikit lebih besar daripada payudara kanan. Juga salah satu payudara  terletak lebih rendah dari yang lainnya.

Kanker Payudara adalah pertumbuhan jaringan abnormal yang bersifat infiltrat dan non infiltrat yang terjadi pada wanita. Penyebab kanker payudara belum jelas diketahui namun pengaruh hormonal merupakan faktor utama. Apabila pada wanita berusia kurang dari 35 tahun dilakukan kastrasi ovarium atau adrenal, maka resiko kanker payudara lebih kecil dibanding wanita biasa, wanita yang menarche pada usia < 11 tahun dan wanita yang sulit punya anak.
Faktor luar antara lain makanan diduga ada kaitan dengan insiden kanker payudara serta golongan resiko yaitu : Wanita berusia diatas 40 tahun, Orang tua yang menderita kanker payudara, Pernah menderita kanker payudara pada salah satu payudara, Penderita tumor jinak payudara, Kehamilan pertama terjadi sesudah usia 35 tahun, Terapi hormonal lama, Pernah mengalami radiasi didaerah dada.
Penyebab  pasti sampai saat ini belum diketahui secara pasti, tapi diperkirakan bahwa penyebab sangat mungkin multifaktorial. Antara lain:
Genetika
adanya kecendrungan  pada keluarga tertentu lebih banyak kanker payudara daripada keluarga yang lain. Pada kembar monozygote, terdapat kanker yang sama, Terdapat kesamaan lateralisasi kanker buah dada pada keluarga dekat dari penderita kanker payudara, Seorang dengan klinifelter akan mendapat kemungkinan 66 kali dari pria normal atau angka kejadiannya 2%.
Hormon
kanker payudara umumnya pada wanita, dan pada laki-laki kemungkinannya sangat kecil, insiden akan lebih tinggi pada wanita diatas 35 tahun, saat ini pengobatan dangan menggunakan hormon hasilnya sangat memuaskan, Virogen, baru dilakukan percobaan pada manusia dan belum terbukti pada manusia
Makanan
terutama makanan yang banyak mengandung  lemak
Radiasi daerah dada
Sudah lama diketahui, radiasi dapat menyebabkan mutagen. Kanker payudara bukan satu-satunya penyakit , tapi banyak tergantung pada jaringan payudara yang terkena. Ketergantungan estrogen pada usia permulaanya. Penyakit payudara ganas sebelum menapouse berbeda dengan penyakit payudara ganas sesudah menpaouse. Ada beberapa tumor yang dikenal sebagai estrogen dependent. Mengandung reseptor yang mengikat estradiol dan pertumbuhannya dirangsang oleh estrogen. Reseptor ini tidak muncul pada jaringan payudara normal atrau dalam jaringan dysplasia.
Payudara terus mengalami perubahan sepanjang tahun, sekalipun sudah tumbuh sepenuhnya. Perubahan ini bisa memicu nyeri, benjolan, kista, fibroadenoma dan terkadang pengeluaran cairan puting susu. Semua ini bisa dianggap sebagai perkembangan-perkembangan payudara normal dan penyimpangan atau variasi dari perkembangan normal tersebut tidak perlu sepenuhnya menyusahkan anda.


Pengobatan Kanker

0 komentar:

Posting Komentar